Review Bardi Smart IR Remote, Kontrol Semua Perangkat Rumah Dari Smartphone

Image for post
Image for post

Bardi Smart IR Remote ini hadir untuk membahagiakan hati para ibu seperti saya, khususnya. Di mana, seorang ibu yang punya toddler biasanya selalu punya masalah kebingungan mencari remote-remote dari berbagai perangkat listrik di rumah.

Punya anak seusia toddler yang masih lucu-lucunya dan suka explore, memang beresiko membuat semua remote pun dijadikan explore tempat persembunyian bagi toddler.

Semuanya bakal ketemu sih, meski di tempat yang tidak semestinya, misal menemukan remote TV di dalam kulkas, atau remote AC di tempat piring.

Namun, yang paling nyebelin itu adalah, saat kita benar-benar butuh, dan remote tersebut belum juga kita temukan, rasanya ingin menjadikan smartphone saya sebagai remote deh.

Dan ternyata, Bardi Smart IR Remote mengabulkan keinginan saya tersebut.

Review Bardi Smart IR Remote

Bardi Smart IR Remote adalah sebuah pemancar infrared pintar, yang dapat dikendalikan melalui aplikasi Bardi Home Smart selama ada wifi/hotspot.

pemasangan bardi smart IR remote
pemasangan bardi smart IR remote

Remote ini dapat menggantikan fungsi semua remot infrared, dengan mayoritas sudah ada dalam daftar, maupun yang tidak ada, bisa saja diduplikat dengan signal infrared dari remot lama ke remot Bardi.

Dengan sudut pemancaran 360 derajat, dan juga jarak hingga 10m, Bardi Smart IR Remote dapat digunakan untuk mengendalikan banyak perangkat yang ada di dalam garis pandang, karena signal infrared tidak dapat tembus halangan.

Dan lagi, Bardi Smart IR Remote ini sangat mudah di pasang, hanya dengan menghubungkan ke listrik, dan remot Bardi siap digunakan.

Bardi Smart IR Remote ini berbentuk bulat dan mungil, dengan diameter sekitar 6 cm, dan tebal 2 cm. Berwarna hitam elegan, dengan 1 tombol reset di bagian bawahnya, dan 1 colokan mikro USB. Dalam dus mungilnya, terdapat juga kabel power USB serta kepala charger buat menghubungkannya dengan aliran listrik.

Cara pemasangan Bardi Smart IR Remote

Adapun cara pemasangan Bardi Smart IR Remote ini sangatlah mudah. Cukup dengan menghubungkan perangkat remot Bardi dengan kabel power USB yang sudah ditancapkan pada soket listrik, kemudian tekan tombol reset di bagian bawah produk hingga lampu indikator berkedip.

Cara pemasangan Bardi Smart IR Remote
Cara pemasangan Bardi Smart IR Remote

Selanjutnya, buka aplikasi Bardi Smart Home di smartphone yang bisa diinstal melalui android maupun IOS.

Lalu klik add device dan tambahkan IR Remote dan koneksikan dengan wifi, setelah berhasil, maka kita siap menambahkan perangkat apa saja yang ingin kita kontrol melalui aplikasi Bardi Smart Home, misal TV, AC, Kipas dan perangkat apapun yang bisa dikoneksi melalui infrared.

Lebih lengkapnya, lihat caranya dari video di bawah ini

Kelebihan Bardi Smart IR Remote

Adapun kelebihan dari Bardi Smart IR Remote ini, adalah:

  1. Kecil, simple dan ringan

Karena bentuknya kecil, designnya pun simple dan pastinya ringan, maka Bardi smart IR remote ini, bisa dibawa ke mana saja, dan diletakan di mana saja.

2. Pemasangan dan penggunaannya mudah

Langkah pemasangannya jauh lebih mudah dari produk Bardi lainnya, demikian pula penggunaannya. Cukup dengan mencolokan kabel power USB ke listrik, lalu hubungkan dengan aplikasi Bardi Smart Home, dan setting semua perangkat yang ada di rumah, lalu tadaaa… smartphone kita pun, bisa menggeser remote biasanya di rumah.

3. Canggih dan simple

Bardi smart IR remote ini bisa menggantikan berbagai remote dari perangkat di rumah, sehingga menjadi jauh lebih simple.

Dan sama seperti produk Bardi lainnya, pengoperasian Bardi smart IR remote ini juga bisa dilakukan dengan perintah suara, menggunakan Google Voice Assistant, Amazon Alexa ataupun Siri.

Canggih banget bukan?

harga Bardi smart IR remote
harga Bardi smart IR remote

4. Dapat digunakan secara otomatis dan ter-schedulle

kecanggihan Bardi smart IR remote ini masih terus membuat tercengang, karena bukan semata bisa digunakan untuk semua perangkat di rumah, namun juga bisa mengatur penggunaan perangkat secara otomatis.

Misal, mengatur temperatur AC selaras dengan temperatur ruangan dan cuaca. Cukup dengan mengatur sistem schedulle, ketika malam misal suhu AC harus 20, menjelang subuh biasanya lebih dingin, maka suhu AC otomatis naik agar suhu ruangan tetap terkontrol sesuai kebutuhan.

Tentang Bardi Smart Home

Bardi Smart Home merupakan sebuah brand lokal yang lebih fokus mengembangkan berbagai macam produk smart home di Indonesia .

Ada begitu banyak produk-produk canggih Bardi selain Bardi smart IR remote.

Bardi smart IR Remote
Bardi smart IR Remote

Ada Bardi Extension Power Strip yang bermanfaat untuk mengatur on dan off listrik di soket.

Ada juga Bardi Smart Indoor Static IP Camera, yaitu sebuah kamera keamanan indoor yang mungil dan pintar.

Lebih lengkapnya, bisa dilihat pada websitenya https://bardi.co.id/
Atau melalui akun instagramnya @bardismarthome

Reyne Raea
Sumber : pengalaman pribadi dan website bardi.co.id
Gambar : dokumen pribadi

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store