Waspada! Penipuan Melalui Whatsapp Berkedok Teman Blogger

Reyne Raea
2 min readMay 12, 2019

Anona Devina Jaya, nomor rekening BPTN 90013442030 dengan nomor ponsel/ whatsapp (WA) 081214300887 , adalah sebuah nama, nomor whatsapp dan nomor rekening yang amat asing buat saya.

Namun, Jumat malam 10 Mei 2019 lalu, sekitar pukul 22.00 nomor tersebut masuk melalui whatsapp call ke aplikasi WA saya.

Setelah saya cek ternyata, nomor tersebut memakai foto teman blogger saya dari kota Medan, Natra Rahmani.

Saya memang sedikit banyak akrab dengan Natra, meskipun kami hanya ketemu lewat instagram dan komen blog saja.

Tanpa basa-basi, saya membalas chatting-nya, dan ternyata teman saya tersebut ingin meminta tolong di transfer uang ke rekening BTPN karena ATM dia udah limit transaksi hari itu.

Sejenak saya terpekur, aneh sekaligus bingung.

Pertama, saya memang tahu, kalau Natra punya usaha sepatu, yang mungkin saja dia sedang ada project yang butuh transaksi lebih.

Namun, yang kedua.

Saya memang belum pernah ketemu Natra, tapi sekilas saya kenal karakternya, karena kami sama-sama berbintang LEO, yang mana kami pasti punya rasa malu teramat sangat untuk asal aja minta todong pinjam uang.

Terlebih, memang kami sama sekali gak pernah chat by WA secara pribadi, biasanya menggunakan DM IG.

Yang ketiga, saya paling anti berurusan masalah uang dengan teman, seakrab apapun. Karena saya tahu betapa uang itu memegang kendali yang kadang memperburuk pertemanan.

Long story short, akhirnya saya biarin saja dulu si orang tersebut ngoceh-ngoceh manggil saya di chat WA, saya sibuk konfirmasi ke sana ke mari, sayangnya saat itu sudah malam banget.

Natra pun sudah tidur.

Beruntung saya akhirnya tahu bahwa dia penipu, dan ternyata sudah banyak menipu teman blogger lainnya juga.

Sayang sekali, teman-teman blogger belum sempat share masalah ini di blog atau semacamnya, jadinya ada juga beberapa orang yang ketipu, udah transfer beneran ke rekening tersebut.

Saya akhirnya menulis pengalaman tersebut di blog saya mengenai ANONA DEVINA JAYA, NOREK BTPN 90013442030, HATI-HATI PENIPUAN MENGINCAR PARA BLOGGER!

Kisah lengkapnya saya tulis di situ semua, semoga dengan tulisan tersebut, akan membuat teman-teman lainnya tidak akan tertipu lagi.

Semoga juga bisa ditangani oleh pihak kepolisian.

Oh ya, setelah saya share, beberapa teman akhirnya ikut menyumbang kisahnya yang sama persis dengan saya. Beruntung mereka juga belum sempat tertipu.

Selain memakai nomor rekening BTPN an. Anona Devina Jaya, ada pula yang memakai nomor rekening atas nama Hendrian bank BPTN dengan nomor rekening 90013420079. Dan memakai nomor ponsel / WA 087829496103.

Jadi, hati-hati ya!

Jika suatu malam atau dini hari ada teman yang chat pinjam duit, cek dan ricek dulu. Dan jangan sekalian diblokir, cari tahu dulu sebenarnya nomor rekening itu cabang mana? Biar makin memudahkan untuk ditangkap polisi.

Baca juga : Waspadai Penipuan Rekrutmen PT Antam (Persero) Tbk Melalui LinkedIn Oleh Nomor HP 085281109678

Dan buat teman-teman yang pernah tertipu, jangan segan share ya, sedikit share kita amat sangat membantu lainnya :)

Salam

Reyne Raea

--

--